Teknologi Pintar Honda Hadirkan Kenyamanan Berkendara

15 Apr 2015

tampilan Vario dari depan

tampilan Vario dari depan

Motor idaman dengan teknologi pintar yang ramah lingkungan merupakan dambaan bagi setiap orang. Seperti halnya saya. Saat bapak mengatakan bahwa motor matic yang dia beli menggunakan tekhnologi yang ramah bagi perempuan, saya pun langsung mencobanya. Honda sebagai salah satu produsen otomotif di Indonesia, saat ini sedang menerapkan penggunaan Honda Smart Technology di motor matic. Penggunaan teknologi ini memungkinkan pengguna perempuan maupun lansia tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7b77f959d4d8edc04b4c44d7861a2858_km-motor

Honda Smart Technology merupakan kumpulan dari berbagai macam fitur unggulan Honda seperti eSP yang menghasilkan performa yang lebih baik, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, dan ramah lingkungan. Fitur canggihnya bermanfaat untuk memudahkan hidup. Lalu, apa saja fitur andalan dari Honda yang disebut Honda Smart Technology?

Teknologi smart Honda

Teknologi smart Honda

Ada beberapa fitur andalan Honda antara lain : Alternating Current Generator Starter, Combi Brake System, Idling Stop System, Answer Back System, LED Headlight, dan PGM-FI (Programmed Fuel Injection).

2b6429abe5f56b1ab6c58af6c383f010_vario-motor

motor Vario kesayangan

Fitur Alternating Current Generator (ACG) Starter. Sistem ACG tidak menggunakan dinamo starter dan mekanisme gigi starter (Sliding Gear) untuk menghidupkan mesin, sehingga suara kasar dari gigi-gigi starter dapat dihindari. Saat distarter, mesin akan hidup namun dengan mengurangi getaran mesin. Bagi pengguna, fitur ini sangat nyaman karena suara getaran mesin tidak mengganggu ketika menyalakan motor.

5f2da49056761692cf9d15d781d6aed6_vario

Vario, varian matic dari Honda

Untuk Honda Smart Technology ini Honda menggunakan battery dengan kapasitas 5 Ah yang cukup besar untuk menampung muatan listrik dan sistem pengisian 3 phase yang lebih stabil dan lebih optimal saat digunakan. Kecil kemungkinan ACG starter akan mengalami kerusakan selama tidak melakukan modifikasi. Jika ada modifikasi dalam fitur motor Honda, garansi motor akan hangus. Sehingga Honda tidak akan memberikan layanan untuk perbaikan motor yang rusak akibat modifikasi.

Starter motor Honda

Honda Smart Technology ini mengusung beragam fitur. Salah satunya adalah fitur Combi Brake System yang berfungsi untuk melakukan pengereman secara optimal. Karena rem depan dan belakang bekerja secara bersamaan. Dengan menggunakan secara bersamaan, motor tidak akan terjungkal jika pengereman mendadak. Biasanya motor yang direm mendadak akan selip sehingga pengendara merasa was-was saat menggunakan motor. Namun, Honda mengerti kebutuhan konsumen sehingga fitur ini bisa mengurangi risiko motor terjungkal di jalanan. Fitur ini memudahkan pengendara sepeda motor untuk menggunakan rem dengan sigap dan gesit di saat yang dibutuhkan.

c7ab84bf150453ecc1ea629984717a0f_rem

Di sepeda motor Honda yang sudah mengusung Honda Smart Technologi ada fitur Idling Stop System (ISS) yang membuat bahan bakar lebih hemat. Karena pada saat motor berhenti di traffic light selama lebih dari tiga detik atau berhenti singkat lainnya mesin motor akan mati secara otomatis dan untuk menghidupkan mesin cukup dengan menarik throttle gas/tuas gas. Teknologi ini bertujuan mencegah bahan bakar terbuang percuma. Lebih irit dan ramah lingkungan. Pada saat ISS berfungsi mesin mati tapi lampu utama tetep menyala.

Fitur Answer Back System. Fitur ini memudahkan pengguna motor mencari motornya di tempat parkir yang padat. Pada saat tombol remote ditekan, maka sepeda motor akan memberikan respon berupa suara dan kedipan lampu sein depan dan belakang. Fitur ini membuat pengguna sepeda motor bisa segera mencari motornya di keramaian. Jika Answer Back System tidak sengaja masuk mode silent yaitu saat lampu led diremote menjadi berwarna merah pada saat ditekan, maka cara untuk mengembalikan suaranya lagi cukup tekan tombol remote selama kurang lebih 3 detik sampai lampu LED diremote menjadi berwarna hijau.

Fitur LED Headlight membuat pencahayaan lampu motor lebih terang dan lebih tahan lama. Lampu ini akan tetap menyala meski kita sedang ada di jalan menunggu lampu lalu lintas menyala, bahkan di siang hari. Lampu ini akan berguna karena pengendara tidak akan kena tilang karena menyalahi aturan lalu lintas. Saat malam hari, lampu ini menerangi jalanan di depan sehingga pengguna motor bisa terhindar dari tabrakan jika lampu di sekitar jalan raya tidak menyala.

mesin Honda, awet dan irit bahan bakar

mesin Honda, awet dan irit bahan bakar

Fitur PGM-FI (Programmed Fuel Injection) yaitu sistem suplai bahan bakar yang dikontrol secara elektronik yang mampu mengatur pasokan bahan bakar dan udara secara optimal yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan. Kontrol elektronik ini membuat setiap motor Honda yang sudah menggunakan teknologi pintar menjadi lebih hemat bahan bakar dan irit.

Jok motor matic Honda juga lebih luas dan nyaman. Sehingga saya bisa menyimpan barang yang dibutuhkan seperti lap, kunci obeng, dan jas hujan. Dengan kompartemen yang lebih luas, saya juga bisa menyimpan helm fullface sehingga tidak perlu menitipkan pada tukang parkir atau takut kehilangan helm jika di mall.

bda52f48c99c2e39627542defa8e3589_jok-motor

Honda sudah memberikan keragaman fitur Hondasmarttech yang bisa digunakan pengguna sepeda motor. Jika ingin motor lebih awet, selalu pastikan untuk merawat motor di bengkel AHASS dan menggunakan pendingin asli Honda yang anti karat. Dan mesin menggunakan bensin tanpa timbal, maka motor akan awet hingga lima tahun ke depan. Honda akan selalu berinovasi untuk memanjakan konsumen. Terima kasih Honda karena saya menjadi salah satu konsumen yang merasakan manfaat Hondasmartech ini. :)




TAGS honda matic hondasmarttech esp teknologi pintar lomba blog


-

Ila Rizky

Ila Rizky Nidiana
@ilarizky
sakuraimoet35@gmail.com

Blogger - traveler - writer fb : Ila Rizky Nidiana twitter : @ila_rizky email : sabilla.arrasyid@gmail.com

Follow Me

ngaBLOGburit 2015