Tren Penukaran Uang Baru Jelang Lebaran

6 Jul 2014

Kita pasti ingin sesuatu yang baru di lebaran dari mulai baju baru, juga termasuk uang baru. Biasanya, uang baru ini dibutuhkan untuk dibagi dengan ponakan, tetangga, anak, dll. Sebenarnya, di Bank Indonesia, aktivitas penukaran uang sudah dibuka dari jauh hari sebelum Ramadhan. Bank ini memberikan pelayanan mulai tanggal 30 Juni hingga 24 Juli 2014. Waktunya dari Senin sampai Kamis pukul 8.00-12.00.
Jika dilihat dari tren penukaran uang jelang lebaran, masyarakat ramai melakukannya di hari Senin dan Kamis. Untuk orang yang ingin leluasa saat mengantri, bisa memilih hari Selasa dan Rabu sebagai alternatif hari untuk menukar uang. Nah, di BI, stok uang tunai berapa pun ada, mula dari pecahan terkecil sampai 100 ribu ada. Perluasan pelayanan BI dilakukan bekerjasama dengan perbankan. Menukar di perbankan bisa sambil menabung atau mengajukan kredit.
Bila di bank swasta belum ada aktivitas penukaran berarti bank tersebut harus menarik modal dulu di bank indonesia. Agar bisa melakukan pelayanan penukaran uang baru tersebut.
Nah, karena ada kebiasaan orang yang malas mengantri di bank, seringkali kita lihat di tepian jalan raya, ada orang yang lebih suka menukar pada calo. Apakah ini baik dilakukan? Kalau menurut BI, sebaiknya orang yang membutuhkan penukaran uang bisa langsung melakukan penukaran pada bank yang ditunjuk, tidak perlu menggunakan jasa calo.
Dengan perantara atau calo penukaran uang, dikhawatirkan ada beberapa potensi risiko, antara lain :

  1. Ada uang palsu
  2. Jumlahnya tidak sesuai, atau
  3. Dikenai biaya

Di BI atau perbankan lainnya, tidak dikenakan biaya. Juga tidak ada batasan juga berapa uang yang akan ditukar. Kalau misalnya hari ini antriannya panjang, bisa memilih hari yang lebih longgar. Jika dilakukan kolektif, kirimkan FAQ terlebih dahulu untuk persiapan agar bisa menyiapkan kebutuhan uang baru tersebut. Karena permintaan kolektif besar, sehingga butuh persiapan modal kerja untuk bisa dilayani hari berikutnya. Misalnya kolektif, harus ada nama yang menjadi jaminan sebagai jaminan, misal : dari departmene store mana.
Selama seminggu ini, perputaran uang Bi di Kota Tegal sudah mencapai 550 jt (hari Senin), 400 jt (hari Selasa) 1,7M (hari Kamis) yang datang di BI. Berarti masyarakat bisa merayakan dengan uang baru. Supaya cepat dan efektif dilayani sudah diatur mau pecahan nukar uang 2 rb, 5 rb, dll. Uang dirapikan dulu. Misal : gambarnya disamakan dengan urut. Agar kasir bisa mengklarifikasi uang tersebut apakah palsu atau asli.
Penukaran yang berlaku ada dua yaitu antara Uang Layak Edar dengan Uang Layak Edar, atau Uang Tidak Layak Edar dengan Uang Layak Edar. ULE dengan ULE atau UTLE dengan ULE.
Ada gerai atau loket penukaran uang, sehingga lebih siap. Humas memasang spanduk yang isinya menyambut masyarakat dengan melakukan penukaran, public holenya juga dibuat nyaman untuk melakukan penukaran. Ada souvenir juga untuk masyarakat yang menukar uang di BI. Ada pula edukasi dari humas, peran dan fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral.Hal ini dilakukan agar relevan dengan perekonomian, sehingga tercipta stabilitas. Sebab, likuiditas semakin ketat, persaingan antar bank semakin ketat, mulai dari pendalaman keuangan, mencari nasabah baru, dll.
Apakah bisa menukar uang dollar di BI? Tidak bisa ternyata. Kalau Bank Indonesia, hanya menukar rupiah dengan rupiah. Jika ingin menukar dollar atau mata uang asing lainnya, bisa di pedagang valuta asing(PVA) atau bank devisa.
Nah, apakah bisa diambil di BPR? Menurut keterangan dari humas BI, bisa dilayani juga di BPR yang tergabung dengan Perbarindo untuk melakukan layanan penukaran uang. Sebab, melihat jangkauan BPR sampai di daerah tertentu, jadi diupayakan masyarakat juga bisa menukar di sana. Kalau kekurangan stok, BPR bisa berkoordinasi dengan Perbarindo. Perbarindo nanti yang akan mengambil uangnya di BI.


TAGS uang baru tren lebaran bank indonesia penukaran uang baru


-

Ila Rizky

Ila Rizky Nidiana
@ilarizky
sakuraimoet35@gmail.com

Blogger - traveler - writer fb : Ila Rizky Nidiana twitter : @ila_rizky email : sabilla.arrasyid@gmail.com

Follow Me

ngaBLOGburit 2015